Adhy Musaad Menulis artikel
@adhymusaad

Komponen Dream Team di Industri Kreatif

Komponen Dream Team di Industri Kreatif

Komponen Dream Team diIndustriKreatif terdiri dari 3, yaitu Hustler, Hacker, dan Hipster. Apa arti ketiga komponen ini?


Dalam memulai sebuah bisnis terkadang dilakukan oleh seorang diri atau dua hingga empat orang. Namun terkadang sebuah bisnis baru tidak dapat tumbuh dan menjadi besar karena tim yang terbentuk tidak memenuhi 3 komponen Dream Team.


Ellwood(Forbes, 2012) menyebutkan bahwa untuk sebuah start-up dengan tim kecil idealnya terbentuk oleh orang-orang yang mewakili karakter Hustler, Hacker, dan Hipster. Rei Inamoto (CEO AKQA) menyebutkan bahwa Dengan adanya 3 peran tersebut maka sebuah tim akan berjalanefisien.

<[kwik-adsinhere]>

hacker hustler designer Komponen Dream Team di Industri Kreatif

Pada artikel ini saya akan mengulas masing-masing peran tersebut dengan menggunakan studi kasus PIXAR, yang menjadi besar karena 3 orang dengan peran tersebut: Steve Jobs, John Lasseter, dan Ed Catmull.

Lalu apakah yang dimaksud dengan ke-3 peran tersebut? Berikut penjelasannya:


1. THE HIPSTER

640px JohnLasseterOct2011 Komponen Dream Team di Industri Kreatif

John Lasseter

Peran ini adalah sosok sang jenius kreatif dimana memiliki ilmu dan pengalaman di atas rata-rata dalam merancang produk yang diinginkan oleh konsumen. Mereka adalah orang-orang dengan kemampuan otak kanan yang luar biasa, bukan seni dan kreativitas untuk kebutuhan ego pribadi tetapi yang mampu memuaskan konsumen.

Pada perusahaan PIXAR, sosok THE HIPSTER ini adalah sang jenius animatorJohn Lasseter. Lasseter adalah sosok dibalik maha karya Toy Story, Monster Inc., hingga Big Hero 6. Menjadi The Hipster adalah tidak mudah, potensi ini sempat membuatnya dikeluarkan dari Disney karena ia memiliki konsep terobosan di luar pakem Disney, yaitu masa depan animasi ada di dunia komputer saat itu (Sumber:The Wrap).

Ciri khas The Hipsterdiantaranya adalah kemampuan imajinasinya tinggi, gaya busananya seniman dan nyentrik, menyukai terobosan baru dan diikuti kemampuan art (drama, musik, gambar) di atas rata-rata orang biasa. Selain itu the hipster lebih terbuka pola pikirnya dan suka tampil di depan publik.


2. THE HACKER

480px VES Awards 89 cropped Komponen Dream Team di Industri Kreatif

Ed Catmull

Peran ini adalah sosok jenius di bidang teknis. Dialah sang eksekutor dibalik teknologi tinggi dari sebuah produk yang telah dirancang oleh THE HIPSTER. Jiwa peneliti dan rasa ingin tahunya terhadap hal-hal teknis (Hardware dan Software) di atas kemampuan rata-rata.

Pada perusahaan PIXAR sosok THE HACKER ini adalahEd Catmull. Catmull adalah seorang jenius ilmuan komputer yang memiliki jasa sangat besar di industri grafis, animasi, compositing, dan 3D rendering. Bahkan sebelum mendirikan PIXAR, Catmull cukup berjasa di teknologi VSF film saga STAR WARS.

Ciri Khas The Hackerdiantaranya adalah kutu buku, konsentrasi dalam melakukan hal teknis dan riset IT cukup tinggi, sosok problem solver terhadap masalah teknis hingga potensi masalah di masa depan mampu ia deteksi. Busananya cenderung konservatif dan apa adanya, karena ia cenderung berpikir fungsional, berbeda dengan The Hipster. The Hacker cenderung membatasi pergaulan dan menutup diri.


3. THE HUSTLER

Peran ini adalah sosok sang jenius pebisnis. Ia sangat peka dalam melihat potensi bisnis. Seringkali disebutkan bahwa kemampuan The Hustler tidak jauh dari Raja Midas, apa yang disentuh the hustler akan menjadi emas.

612px Steve Jobs Headshot 2010 CROP Komponen Dream Team di Industri Kreatif

Steve Jobs

Peran the hustler sangat krusial bagi masa depan start-up company. Sehebat apapun produk yang dibuat oleh the hipster dan the hacker jika tidak ada the hustler, maka produk itu hanya akan tersimpan di dalam gudang dan tidak laku di pasaran.

Nasib PIXAR tentu akan sangat jauh berbeda jika sosok Steve Jobs tidak ada di perusahaan ini. PIXAR sempat mengalami kebangkrutan, di tangan Steve Job lah perusahaan animasi dari Finding Nemo ini diselamatkan. Ia ditelantarkan sebelumnya oleh George Lucas sang pemilik ILM.

Ciri Khas The Hustler adalah kemampuan bisnisnya yang luar biasa, ia sangat cepat berakselerasi membangun kerajaan bisnis dibanding pemain sebelumnya, mereka pribadi yang sangat ambisius dalam bisnis, kemampuan analisis dan intuisi bisnisnya sangat tinggi. The hustler biasanya orang yang memiliki jaringan pertemanan yang sangat luas dari berbagai strata. Cukup disegani dan dihormati oleh para pelaku bisnis lainnya dan cenderung memiliki wibawa kepemimpinan yang sangat kuat.

KESIMPULAN

Apakah 2 atau 3 peran itu dapat dirangkap oleh satu orang?Bisa saja, namun fokus pengembangan bisnis akan menjadi lambat. Dan sangat jarang 1 orang menjadi jenius atau memiliki kemampuan di atas rata-rata dari tiap peran di atas. Jenius itu adalah titik ekstrim di setiap kutub.

Selain itu betapa tersiksanya The Hacker jika ia harus bergabung peran The Hustler yang harus mengurusi bisnis dan membangun jejaring dengan para kolega atau sosok the hipster yang suka art akhirnya harus melakukan coding.

Evaluasilah diri dan Tim Anda saat ini. Jika ada yang hilang dari salah satu peran di atas maka carilah orang dengan peran yang dibutuhkan dalam start-up anda. Berbagilah share atau rejeki dengan orang peran yang hilang tersebut, karena dengan berbagi, maka potensi kemajuan start-up Anda akan jauh lebih besar dibanding memaksakan tim berjalan.

Sebagai penutup ada quote yang luar biasa dari Michael Jordan:

Selection 678 Komponen Dream Team di Industri Kreatif

Sumber: http://adhicipta.com/komponen-dream-team-di-industri-kreatif/
0
0 none
Komentar