Novel
Genre → Petualangan Sedang Berlangsung
Onar di Kampung Inggris
Mulai membaca
Gratis untuk dibaca
Blurb
Nyatanya pesona buku masih kerap dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk pencitraan. Harus diakui, sejarah mencatat tak ada tokoh besar yang hidupnya jauh dari buku. Maka muncul pemahaman, cara termudah agar seseorang dianggap berkelas adalah memberi label diri dan membuat kesan jika orang itu dekat dengan buku. Memiliki ruang khusus dengan rak mengelilingi seluruh dinding yang dipenuhi dengan buku adalah syarat mutlak, tak penting perkara membaca buku-buku di sana atau tidak. Cara itu dipilih ayah Onar yang merupakan seorang wakil walikota. Keresahan Onar perihal buku pun nyatanya juga ia rasakan ketika dalam sebuah pelarian, menghindar dari kasus receh. Kampung Inggris menjadi tujuan, tempat yang sebelumnya Onar kira merupakan wilayah terpencil dan dapat memberi ketenangan, ternyata jauh berbeda ketika ia sampai di sana. Hampir semua orang dari pelosok negeri dapat dijumpai di Kampung Inggris untuk belajar bahasa asing, tak sedikit pula pelajar yang datang dari beberapa negara di Asia Tenggara. Kawasan dengan perkembangan pesat baik infrastruktur dan ekonomi.

Onar tidak pernah menyangka bahwa pelariannya di Kampung Inggris bakal diwarnai banyak hal. Anak wakil walikota itu menemukan fenomena-fenomena yang terjadi di Kampung Inggris dan mungkin tak banyak diketahui orang-orang di luar sana. Konflik sosial, ketimpangan ekonomi, dan penggerebekan toko buku. Onar yang mau tak mau harus menyaksikannya, tidak sudi tinggal diam. Rasa penasaran Onar atas semua itu menjadi alasannya memulai petualangan. Dan, seperti biasa, sebagai don juan, Onar pun tak lepas dari jerat asmara yang tumbuh di tempat pelariannya itu.
Tokoh Utama
Onar
Elwa
Danto
Aho
Mas Abbas
Kamu harus masuk terlebih dahulu untuk mengirimkan ulasan, Masuk
Belum ada Ulasan
Disukai
197
Dibaca
5.5k
Tentang Penulis
Panji Sukma
Panji Sukma, saat ini menempuh kuliah S3 Cultural Studies di Universitas Sebelas Maret Surakarta dan bergiat di Komunitas Kamar Kata Karanganyar.

Karya yang telah terbit, novel Sang Keris (Gramedia Pustaka Utama, 2020), kumpulan fiksi mini Iblis dan Pengelana (Penerbit Buku Mojok, 2020), novel Astungkara (Penerbit Nomina, 2018), novel Canai (Penerbit UNSA Press, 2019). Pemenang kedua Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2019 dan Nomine Novel Terbaik Penghargaan Prasidatama 2019 Balai Bahasa Jawa Tengah. Twitter dan Instagram: @buruhseni
Bergabung sejak 2020-05-14
Telah diikuti oleh 849 pengguna
Sudah memublikasikan 1 karya
Menulis lebih dari 16,329 kata
Rekomendasi dari Petualangan
Rekomendasi