Sedang Berlangsung
19 Disukai
672 Dibaca

Kau Membuatku Rasa

Penulis : Hani Abla
Favorit
QR Code
Bagikan
Blurb
Kesuksesan Gauri sudah di depan mata. Impiannya tinggal selangkah lagi menjadi realita. Ia menjadi lulusan terbaik Le Cordon Bleu Paris, kemudian menjuarai kompetisi chef junior internasional. Dengannya, ia dipinang banyak hotel bintang lima. Bahkan, produser televisi nasional memintanya menjadi host sekaligus juri sebuah acara reality show memasak.

Namun peristiwa nahas terjadi. Gauri mengalami cedera otak akibat kecelakaan yang dialaminya. Dokter memvonisnya seumur hidup mengidap anosmia, sebuah penyakit yang membuatnya kehilangan indra pencium dan pengecap. Impian Gauri hancur sudah. Bagaimana mungkin seorang chef dapat bekerja tanpa mengenal rasa.

Saat Gauri terpuruk, seorang sahabat lalu menawarkan pekerjaan koki di resto cepat saji. Dari sana, ia kemudian berjumpa dengan Ganta, pemilik resto soto yang sederhana lagi bersahaja. Tak peduli anosmia yang diderita gadis itu, Ganta pun menawarkan sebuah pernikahan.

Sekalipun Gauri tak pernah mengira bahwa Ganta berasal dari keluarga Bogaji yang terkenal sebagai keluarga para koki dan pemilik resto nusantara yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Juga, keluarganya begitu meninggikan tradisi kuliner dalam negeri. Ketika Gauri datang, Ibunda Ganta menolak pernikahan. Alasannya sederhana, Gauri hanyalah chef resto cepat saji.

Gauri tak menyerah. Perjalanan dapur pun dijalaninya. Ia bangkit untuk sembuh dari anosmia. Bermodal nekat, Gauri mengikuti kompetisi chef lokal. Siapa sangka Gauri masih memiliki skill memasak meski tanpa kedua indranya. Ia pun memenangkan kompetisi itu dan kembali merintis karir sebagai chef profesional.

Gauri dan Ganta pun yakin rumah tangga sudah di depan mata. Namun ibunda Ganta tetap menolak Gauri meski gadis itu telah membuktikan diri. Alasannya kali ini, adalah Gauri yang berdarah Koja dan bukan asli pribumi. Ibu Ganta menginginkan menantu yang dapat meneruskan tradisi.

Di saat genting ini, Ganta menawarkan kehidupan sederhana di Bristol, sebuah kota kecil di Britania Raya, dan meninggalkan segala beban bisnis kuliner padanya. Gauri terkejut, ia baru saja bergairah kembali meraih mimpinya, bagaimana mungkin dilepaskannya begitu saja. Namun ia pula tak rela kehilangan Ganta yang begitu dicintainya.

Gauri meminta waktu untuk mencari keluarganya yang berdarah Koja di Kota Semarang. Ia yakin, neneknya murni berdarah Jawa yang juga memiliki tradisi yang patut dibanggakan. Namun pencarian Gauri justru mempertemukannya dengan adik kandung Ibunda. Sang paman mengajak Gauri tinggal bersama keluarga besarnya di Penang, Malaysia, meneruskan bisnis Bakery disana.

Manakah kiranya yang akan dipilih Gauri, pergi ke Bristol untuk hidup sederhana bersama Ganta, atau bertemu keluarganya dan belajar bakery di negeri jiran. Atau bahkan, kembali berjuang di tanah air demi memenangkan hati calon mertuanya.

Penulis: Hani Abla
Cover & Illustrator: Hani Abla

Perhatian! Novel ini murni fiksi, seluruh isinya adalah karangan penulis. Maka jangan tinggalkan aktivitas wajibmu hanya karena ingin membacanya.
Tokoh Utama
Gaurika Hansini
Dirgantara Bogaji
Rekomendasi