Telah Selesai
3 Disukai
761 Dibaca

Dila dan Nostalgia

Favorit
QR Code
Bagikan
Blurb
1 orang tua bisa merawat 10 anak, tapi apakah 10 anak bisa merawat 1 orang tua?
pertanyaan yang kerap muncul ketika melihat kisah ini.

Sepasang suami istri yang sudah sesepuh, pak Sugih dan bu Siti, hidup berdua saja di rumahnya. Padahal mereka mempunyai 5 orang anak yang tinggal di kota.
Suatu ketika bu Siti terjatuh di dapur hingga mengalami keretakan pada tulangnya.
5 anaknya datang untuk menjenguknya. Karena Melihat kondisi orang tuanya yang sepertinya sudah tidak bisa lagi hidup berdua saja, maka mereka semua rapat dan membicarakan siapa yang bisa menjaganya. Namun hampir semuanya tidak ada yang menyanggupinya dengan berbagai alasan, akan tetapi ada satu anak yang bisa, Dila. Suaminya Dila, Agus, dengan semangat menyetujuinya, hingga membuat Dila tambah yakin dengan keputusannya.

Hari demi hari Dila merawat kedua orang tuanya di kampung, Sukabumi. Disana Dila sekalian bernostalgia akan masa kecilnya, Ia menemukan foto-foto dan kaset video dokumentasi sewaktu Ia kecil dulu yang direkam bapaknya dengan kamera jadul.
Awalnya berjalan normal, namun karena sulitnya merawat orang tua dibanding anak, banyaknya kerusakan di rumahnya dan saudara kandungnya tidak ada yang pernah datang maka Dila mulai tidak betah. Ditambah lagi Dila mulai bingung ketika suaminya sakit tapi dia tidak bisa merawatnya karena tidak ada yang bisa menggantikan dia untuk menjaga orang tuanya. Maka Dila pun tidak kuat dan memutuskan untuk membawa orang tuanya ke rumahnya tinggal bersama suami dan anak-anaknya.
Namun pak Sugih tidak mau, karena dia ingin tua dan meninggal di rumahnya sendiri, justru pak Sugih mengatakan kalau seharusnya anak-anaknya lah yang ke rumahnya dan tinggal di rumahnya.

Bagaimana Dila bisa menyelesaikan masalahnya?
apakah akhirnya anak-anak pak Sugih yang lainnya bisa menggantikan Dila?

apakah pepatah "1 orang tua bisa merawat 10 anak, tapi 10 anak belum tentu bisa merawat 1 orang tua" itu benar?
Tokoh Utama
Ardiana Dila
Sugih Prayogi
Rekomendasi