Anda harus masuk untuk terhubung dengan berbagai orang dan menikmati suasana baru yang berbeda

Hai Gadis, Ini Adalah Jawaban Perihal Tanyamu Tentang Lelaki
Hai Gadis  Ini Adalah Jawaban Perihal Tanyamu Tentang Lelaki - Ifa Alif gadis,adalah,jawaban,perihal,tanyamu,tentang,lelaki
268
Dilihat

Aku ingin bercerita sesuatu. Sesuatu mengenai lelaki, mungkin sebagian sudah kalian ketahui. Sebagian lain sudah kau alami. Atau bahkan kalian lebih tahu melebihi apa saja yang sudah kutulis. Tak apa, masing-masing dari kita melewati jalan yang berbeda dalam belajar. Ini hanya dari sudut pandangku. Kalian boleh memiliki pandangan yang lain.

Kita bisa menyebut hubungan yang akan kuceritakan ini sebagai lelaki-perempuan, pria-wanita, cowok-cewek dan apapun. Mungkin aku akan menggunakan ketiga diksi itu. Tanpa memberikan sekat makna dari ketiganya, sebuah hubungan yang memang berpasangan. Yang awalnya satu, kemudian disatukan.


Apa Yang Sebenarnya Dicari Lelaki Dari Seorang Perempuan?


Hai Gadis  Ini Adalah Jawaban Perihal Tanyamu Tentang Lelaki - Ifa Alif gadis,adalah,jawaban,perihal,tanyamu,tentang,lelaki

Aku seringkali mendapat pertanyaan dari seorang gadis. Yang merasa kecewa karena sesuatu. Lalu menyampaikan tanya kepadaku, "Apa yang sebenarnya dicari lelaki dari seorang perempuan?”

Aku diam sejenak. Mencoba menemukan jawaban yang pas. Agar jawaban itu cocok dengan apa yang ia rasakan. Agar ia merasa bahwa aku sedang tidak main-main atas apa yang ia utarakan. Lalu aku berusaha menjawab sebaik mungkin.

Sebagian lelaki menyukai perempuan di bawah usianya, sebagian lain menyukai yang sepantaran, dan sebagian sisanya menyukai yang di atasnya. Ini hanya sebatas masalah preferensi, dan ketika Tuhan telah mempertemukan, ada kalanya preferensi itu menjadi tidak penting. Bukan syarat utama.

Preferensi itu dipengaruhi beragam faktor. Medis, psikologis, sosiologis dan beragam disiplin ilmu telah mengkaji dan menemukan berbagai macam kesimpulan, dan aku tidak akan membahas kesimpulan itu. Sekali lagi, aku ingin menyampaikan sudut pandangku, dan mungkin sudut pandang kita bisa berbeda. That's fine, every people should love differentiation.

Berdasar kaca mataku, preferensi umur itu tergantung dari perjalanan hidup sang lelaki. Ada banyak pembelajaran yang ia dapat selama hidup. Dan pilihan-pilihan yang ia sukai kini adalah buah dari akumulasi pembeajarannya di masa lalu. Si penyuka perempuan di bawah umur, mungkin menganggap bahwa lelaki adalah pemimpin, dan perempuan yang pas dipimpin adalah yang usianya lebih muda. Pecinta sebaya mungkin ingin menemukan sosok yang mampu mengimbanginya, sementara yang menyukai lebih tua berkeyakinan bahwa seseorang yang lebih matang darinya memiliki jangkauan kasih sayang dan pengertian di atas rata-rata. Dan setiap pria menyukai perhatian. Tidak ada definisi pasti apa yang amat diinginkan oleh lelaki, tapi percayalah, setiap lelaki menyukai perhatian. Tentu perhatian yang tidak berlebihan, semua yang berlebihan itu tidak enak. Jadilah perempuan yang mudah dicintai. Dan kau akan mendapatkan banyak cinta. 


Bagaimana Memilih Lelaki Yang Baik?


Hai Gadis  Ini Adalah Jawaban Perihal Tanyamu Tentang Lelaki - Ifa Alif gadis,adalah,jawaban,perihal,tanyamu,tentang,lelaki

Suatu ketika, seorang gadis juga bertanya kepadaku. Pertanyaan yang berbeda, oleh seorang gadis yang berbeda pula. "Bagaimana memilih lelaki yang baik?”

Aku kembali berpikir sejenak untuk mencoba menjawab. Sekali lagi hanya mencoba. Semoga percobaanku berhasil menjawab rasa penasaranmu. Bagiku, semua pilihan itu baik. Lalu mana yang terbaik untukmu? Pilih satu atas keyakinanmu, sebab manusia yang paling tahu siapa sejatinya dirimu adalah kalian sendiri. Teman, sahabat, kolega ataupun keluarga bisa membantu. Dan bantuannya memang terkadang kita perlukan.

But hey. Hidup itu seperti merangkai puzzle, seseorang bisa membantumu mmenemukan kepingan puzzle yang hilang, atau menunjukkan bagian mana yang belum terisi. Tapi, tanggung jawab untuk menyelesaikan keseluruhan puzzle tetap ada pada dirimu. Sebab ini adalah hidupmu. Orang lain memiliki puzzle mereka sendiri. Maka, pilihlah satu yang banyak memberikan kebaikan untukmu dan membuatmu lebih baik. 


Kenapa Cowok Itu PHP? Tiba-Tiba Pergi Pas Lagi Sayang-Sayangnya?


Hai Gadis  Ini Adalah Jawaban Perihal Tanyamu Tentang Lelaki - Ifa Alif gadis,adalah,jawaban,perihal,tanyamu,tentang,lelaki

Kemudian, suatu ketika lagi, seorang gadis yang lain juga bertanya. "Kenapa cowok itu PHP? Tiba-tiba pergi pas lagi sayang-sayangnya?Mudah pergi gitu aja?”

Aku kembali diam, mencoba menerawang sosok itu. Berusaha menyelami kedalaman hati sang lelaki yang dimaksud. Dan aku kembali mencoba menjawab. "Mungkin, ada hati yang tengah ia jaga. Dan kebetulan hati itu bukan hati milikmu, hingga dia pergi tanpa pernah pamit. Karena memberi tahumu bukan sesuatu yang penting. Ini semua masalah prioritas.”

Terkadang hati perempuan terlalu terbawa perasaaan. Hingga menakar suatu hubungan hanya menggunakan parameter rasa, perasaan. Padahal manusia memiliki indera lain. Dan takaran yang pas adalah ketika kita mampu mengombinasikan semua indera itu. Sebut saja alat menjalani hubungan itu terdiri dari rasa, hati, dan logika. Aku sengaja membedakan hati dan perasaan karena bagiku hati selalu suci, ia menuntun tatkala sesuatu ada yang salah pada pilihanmu. Hati memberi tahu. Sementara perasaan, ia mudah terbang karena terbawa pujian, melayang karena membayangkan beragam harapan. Dan logika, adalah hipotesis yang muncul dari premis-premis yang diolah pikiranmu. Yah, hanya sebatas hipotesis. Bukan kesimpulan akhir. Sebab menyimpulkan adalah tugas selanjutnya.

Yah, perempuan suka dipuji. Perempuan manapun suka mendapatkan perlakuan istimewa. Dan sialnya, ada banyak lelaki yang pintar gombal dan memiliki kemampuan untuk memanjakan wanita. Dan sayangnya, aku bukan salah satunya.

Satu jawaban yang paling masuk akal kenapa akhirnya lelaki pergi darimu adalah, "Jika kamu bukanlah seseorang yang paling diidamkan, maka lelaki itu sudah pasti akan meninggalkan.”

Mungkin kau nomor dua, sesudah perempuan pertama. Mungkin kau nomor dua, setelah cita-citanya. Mungkin kau nomor dua, setelah orang tuanya. Atau mungkin kau malah nomor ke sekiannya. Dan kemungkinan yang lain, mungkin kau hanya salah satu mainannya. Yah, sayang sekali, kami para lelaki memang senang bermain. Tidak hanya Dota, permainan game mobile atau komputer, bahkan mara bahaya, wanita, harta dan objek apa saja memiliki potensi yang menarik untuk dijadikan sebagai bahan permainan.

Maka, takarlah keseriusan lelaki dari tiga alat ukur tadi. Hati, rasa dan logika. Saat kau menemukan kombinasi yang pas dari ketiganya, maybe he is the right one. Kejujuran selalu nampak dari setiap perilaku, maka tingkatkanlah kejelian. Ini adalah bagian dari proses menyimpulkan. Karena setiap kesimpulan dalam hidupmu, harus atas dasar kesadaran.


Kenapa Lelaki Itu Egois?


Hai Gadis  Ini Adalah Jawaban Perihal Tanyamu Tentang Lelaki - Ifa Alif gadis,adalah,jawaban,perihal,tanyamu,tentang,lelaki

Suatu ketika lagi, seseorang gadis yang cantik, manis, menyenangkan dan bahkan aku juga tertarik kepadanya bertanya tentang sesuatu. "Kenapa lelaki itu egois?” Kemudian ia menceritakan bagaimana kekasihnya itu memperlakukan dirinya. Mulai dari cuek karena lebih memilih game-nya. Merokok dan susah dibilangin untuk mengurangi. Kuliahnya tak teratur, masa depan gak jelas dan juga gak jelas kapan mau melamar. Padahal si gadis cantik ini sudah siap diajak membangun rumah tangga. Ketika janji mau berubah pun, perubahannya tidak pernah lebih dari dua minggu. Bahkan, orang tua si lelaki juga curhat betapa beratnya memberi tahu si anak pada gadis cantik itu dan berpesan, "Mungkin kalo nak Nisa yang memberi tahu dia bisa berubah”.

 

Saat itu aku juga hanya bisa diam sebentar. Bergumam dalam hati, "hey, you deserve better”, seperti kata Shawn Mendes. Tapi aku tahu, dalam cinta tidak bisa menggunakan pendekatan logika. Jika aku menggunakan logika, aku bisa saja mengatakan bahwa, "Nis, aku baik. Aku tidak suka game, aku tidak suka ngerokok, Aku sarjana dan Aku suka kamu. Sangat. Kapanpun kamu boleh menguji keseriusan dan kesungguhanku. Kapanpun.”

But, aku tidak melakukannya. Perempuan tidak suka mendengar seorang lelaki yang menyombongkan diri dengan segenap kelebihannya. Dan untungnya aku tahu, bahwa logika semacam itu tidak mempan pada wanita manapun. Maka tidak heran, saat kamu memiliki sahabat yang jelas-jelas sudah dibeberkan segala kejelakan kekasihnya tapi tetap saja mencintai bukan? Padahal kamu sebagai sahabatnya sudah terlampau bosen mendengar curhatan dan tangisan sahabat tadi.

 Ya, pada kasus ini aku hanya bisa menenangkan gemuruh hatinya. Berpesan, "Mungkin kamu harus lebih sabar Nis. Didoakan saja cepet berubah.” Dan tentu, dengan harapan suatu saat dia sampai pada titik sadar bahwa rupanya ia menanti seorang lelaki yang kurang tepat. Atau sampai si lelaki di titik bahwa dia harus menjadi lelaki yang tepat untuk si perempuan.

 

Yah, cinta memiliki bahasa sendiri untuk saling memahami. Isyarat bukanlah syarat. Seperti Tuhan yang tidak pernah bercakap langsung dengan semua makhlukNya. Tapi ada saja makhluk yang merasakan bahwa cinta Tuhan teramat luar biasa. Dan si gadis cantik itu sebenarnya tidak sedang ingin benar-benar melihat perubahan total pada lelakinya. Hanya perubahan kecil, yang berangsur-angsur. Perubahan yang tidak terlalu banyak. Perubahan yang tetap menumbuhkan sedikit keyakinan dan harapan bahwa segala penilaian sahabatnya tentang kekasihnya itu tidak baik adalah masukkan yang keliru. Tapi, tak banyak lelaki yang memprioritaskan wanitanya menjadi yag utama. Tunggu, sampai lelaki tadi kehilangan. Lelaki terkadang memang butuh pancingan-pancingan semacam demikian.  


Kenapa Lelaki Tidak Setia Dengan Mudahnya?


Hai Gadis  Ini Adalah Jawaban Perihal Tanyamu Tentang Lelaki - Ifa Alif gadis,adalah,jawaban,perihal,tanyamu,tentang,lelaki

Suatu ketika yang lain, seseorang gadis yang kukenal bertanya. "Kenapa lelaki gampang tidak setia?” Aku diam lagi, mencoba memahami letak ketidak setiaannya dari setiap cerita yang ia lanjutkan. Lalu aku mencoba menjawab. "Pada dasarnya memang setiap lelaki itu bajingan Vin.”

Aku diam sejenak. "Tuh kan, kamu yang cowok aja bilang begitu.” Dia merespon cepat. Aku tersenyum. Sembari menawarkan penjelasan yang lebih panjang. "Mau aku jelasin sesuatu?” tawarku. "Ssok atuh, mangga.”

 

"Semua lelaki bajingan Vin. Kalaupun saat ini dia belum bajingan, dia hanyalah bajingan yang tertunda. Aku juga bajingan.” Aku menghela napas pelan lalu kulanjutkan kembali.

"Kamu bisa memilih lelaki baik-baik yang belum sempat menjadi bajingan sama sekali. Percayalah. Masih ada laki-laki baik seperti itu. Laki-laki yang bahkan tidak membiarkan dirinya menjadi bajingan. Lelaki yang memilih menahan dirinya untuk tidak terjerumus menjadi bajingan.” Kataku menjelaskan.

"Kamu cukup percaya saja, bahwa Tuhan itu memiliki dimensi kasih dan cinta yang luas. Lelaki tidak segeneral yang kamu bilang. Lelaki memiliki banyak spesifikasi yang tidak cuma bajingan ataupun pengkhianat.” Aku tersenyum padanya. Berharap semoga dia menjadi tenang.

"Vin, kamu tahu apa bedanya kasih dan cinta?” tanyaku padanya.

”Apa coba?” tanyanya ingin tahu.

"Kasih itu ikhlas Vin, memberi tanpa mengharap kembalian, tanpa mengharap imbalan.” Aku menjelaskan.

"Kalau cintanya?” tanyanya kembali dengan rasa penasaran.

"Kalau cinta itu tidak seikhlas kasih. Cinta adalah level kecil dari kasih. Kasih adalah tingkatan paling tinggi dari mencintai. Karena cinta memiliki tendensi. Cinta memiliki harapan bahwa cintanya akan semakin baik. Cinta tidak terima jika cintanya semakin tidak baik.” kujelaskan lagi agak panjang.

"Maksudnya?”

"Gini vin, Tuhan itu ar-Rahman dan ar-Rahiim. Tuhan maha mencintai dan maha mengasihi. Kamu tahu kasih ibu?”

"Iya.” Katanya pendek

"Kasih ibu sepanjang zaman tak terhingga sepanjang masa. Ibu adalah Tuhan kedua bagi setiap anak. Ibu mewarisi sifat kasih yang dimiliki Tuhan. Tidak mengharap kembalian atas setiap kasih yang ia curahkan.” Aku menjelaskan lebih sederhana. Terlihat mukanya memerah. Ada ingatan yang ia tahan, mungkin mengeni ibunya.

"Vin, Tuhan menciptakan setiap makhlukNya atas dasar cinta. Maka ia menjadi pencemburu jika diduakan. Karena berkhianat itu tidak baik dan tidak keren. Maka Tuhan tidak suka, itu adalah wujud dari rasa cinta Tuhan. Ibu juga memiliki cinta, maka ia tidak suka kalau kamu melakukan hal-hal buruk. Tapi kasihnya lebih besar dari cintanya. Maka ia akan selalu memaafkan terhadap kesalahan manapun yang kau perbuat bukan?”

"Iya,” jawabnya lirih. Ada butiran kristal bening yang menghiasi kedua ujung matanya. Aku diam.

"Kau mau ku kasih tahu lagi gak?” tanyaku pada Vindi.

"Mau.” Ia antusias, butiran air mata dengan sigap ia seka. Memunculkan senyum manis lain.

"Aku udah gak mau ngasih tahu.” Jawabku menggoda.

"Yeee,, kasih tahu dong” rajuknya.

"Hari ini minggu.” Kataku.

"Terus?” Vindi tidak sabar.

"KUA tutup.” Jawabku singkat,

"Aseem ni anak.” Vindi ketawa. Aku juga ketawa. Kita tertawa bersama-sama.

"Vin, setia itu keren. Hanya makhluk-makhluk keren yang kuat melakukannya.” Kataku saat mengakhiri pertemuan kami.


Setia Itu Apa?


Hai Gadis  Ini Adalah Jawaban Perihal Tanyamu Tentang Lelaki - Ifa Alif gadis,adalah,jawaban,perihal,tanyamu,tentang,lelaki

Iya, aku ingin memberi tahu lagi. Setia itu perhargaan. Untuk mendapatkan label ada ujiannya. Ada prosesnya. Mayoritas lelaki mengaku bahwa dirinya setia. Dan sedikit yang mengakui kelemahannya. Tapi, kalau cuma mengakui dan berjanji, anak SD juga bisa.

Jika kekasihmu itu pernah digoda dengan bergam penawaran yang menarik dan lebih baik tapi ia masih memilihmu, itu baru namanya setia. Tapi jika kesetiaan itu hanya sebatas kata, maka setia lelaki itu belum verified setianya. Kesetiaan harus diuji berkali-kali.

 

Hidup ini ujian. Dan ujian menjadi setia itu berat. Pada dasarnya, setiap lelaki diciptakan beserta keinginan tertarik dengan tampilan visual. Hakikatnya, semua lelaki berharap dapat memiliki semua wanita cantik di dunia. Belum menyadari bahwa sesungguhnya, satu wanita saja cukup untuk mengantarkan ke surga. Tapi kembali lagi, hidup itu ujian, sometime we did better, sometime we did the worst one


Kesimpulan Yang (Semoga) Manis


Hai Gadis  Ini Adalah Jawaban Perihal Tanyamu Tentang Lelaki - Ifa Alif gadis,adalah,jawaban,perihal,tanyamu,tentang,lelaki

Yah tanpa bermaksud menggurui, cerita di atas hanya sepenggal kisah tentang cinta. Dan cinta akan terus menjadi sebuah misteri. Mengenai Cinta, Om Rumi pernah menghaturkan sebuah kutipan, My religion is Love, every heart is my temple. Berbagai penulis lintas generasi dan lintas negara, tidak akan pernah habis membahasakan cinta. Cinta bahkan juga bisa menjadi sebuah keyakinan sendiri.

Maka bersemangatlah, mencintai itu berat. Dan selama masih sulit, di situlah nikmatnya belajar. Dan untuk setiap cinta yang kau cita-citakan, jangan hanya mencari, tapi berusahalah menemukan. Lamat-lamat alunan tembang letto yang berjudul Kasih Tak Memilih, mengalun lembut menuju koklea.

***

Tipe lelaki ada tiga, 1 yang menikah selepas mendapatkan semua cita-citanya. Yang menyertakan menikah dalam cita-citanya dan Lelaki yang tidak pernah ingin menikah. Pilih dari ketiganya, pilih saja. Tidak ada pilihan yang salah, tapi jika kurang tepat. Kecewamu akan terbawa seumur hidup. Tapi, kau harus selalu bangkit meski dikecewakan hidup ribuan kali sekalipun


Salam Ifa Alif


Lanjut membaca lebih mudah dengan mengunduh Aplikasi Kwikku
3 bulan 1 minggu lalu

SARAN DARI DISCOVER
Ekspektasi, Kontroversi Hingga Popularitas Dilan di Lingkungan Remaja Kekinian Serta Hubungan Milea dengan Pak Ridwan Kamil.
Kwikku
Plesetan Halaman Pencarian Google Ini Bakalan Bikin Kalian Tercengang
edanTV
Hal-Hal "Anu" yang Suka Dibahas Para Cewek
Mimin
Cetar! Alasan Di balik Semua Kode Cewek
Ifa Alif
Surat Terbuka Bagi Laki-Laki yang Mudah Mendua
Kwikku
Cetar! Alasan Di balik Semua Kode Cewek
Ifa Alif
Hai Gadis, Ini Adalah Jawaban Perihal Tanyamu Tentang Lelaki
Ifa Alif
8 Meme Lucu Tentang Cewek/Wanita Ini Bikin Cowok Baperrr
edanTV
Mie Rasa-Rasa Yang Membuat Jomblomu Tambah Menderita
Kwikku
Hal-Hal "Anu" yang Suka Dibahas Para Cewek
Mimin